1. Kenali konsumen dan dapatkan data-data penting seperti nama, alamat, email, nomor telepon dsb. Data itu bisa dipakai untuk memetakan konsumen, membuat promo yang tepat dan menghubungi mereka untuk menawarkan produk baru kita.
2. Ucapkan terima kasih. Setiap pengiriman barang ke konsumen, sisipkan tulisan terima kasih, Begitupun ketika menyerahkannya langsung, kata terima kasih jangan sampai dilupakan.
3. Kirimkan promosi lewat email untuk menghemat biaya cetak, kurir dsb.
4. Buat survey konsumen agar kita tahu apa yang sebetulnya mereka inginkan dan bagaimana respon mereka terhadap produk kita.
5. Buatlah sistem pelayanan baru yang mudah dan praktis untuk meningkatkan jumlah konsumen, misalnya bisa bayar via transfer, bisa COD dsb.
6. Sesekali undang beberapa konsumen untuk bertamu ke tempat kita agar mereka dapat melihat langsung proses produksi dan meningkatkan kepercayaan pada produk atau jasa yang kita buat.
7. Membuat tagline yang hebat dan menarik perhatian.
8. Buat daftar 10 strategi pemasaran utama untuk usaha kita dan jalankan satu persatu serta ukur hasilnya.
9. Buatlah konsep iklan yang menarik dan tepat sasaran.
10. Buatlah press release dan realisasikan dengan mengirimkannya ke berbagai media.
11. Bila memiliki web, perhatikan seperti apa website pesaing kita, apa saja kekurangan dan kelebihannnya.
12. Buat daftar keunggulan produk kita serta bandingkan dengan keunggulan dari produk pesaing agar kita selangkah lebih baik.
13. Membuat artikel di blog, website atau forum seperti seperti kaskus yang relevan dengan produk atau jasa kita.
14. Membuat rencana kerjasama dan memperluas jaringan bisnis secara nyata.
15. Berdiskusi dengan partner bisnis mengenai kemungkinan kerjasama promosi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar